Tuesday, August 2, 2011

Learn from the net?

What I've got after years knowing internet? A lot.

Mulai dari perbendaharaan kata Bahasa Inggris, diksi Indonesia, berbagai macam anime, dan terutama teman-teman dunia maya.

Intinya adalah keempat hal tersebut, dengan tiga pertama adalah hobi saya. Sedangkan yang terakhir, mungkin karena kekurangan saya dalam hal bersosialisasi di dunia nyata, dunia maya terasa lebih menyenangkan. Lebih bebas berekspresi, lebih bisa menjadi diri sendiri.

Tapi di samping hal-hal positif yang saya dapat dari internet, ada juga sisi negatifnya.

Fujoshi.
Penyimpangan, deviasi. Saya tahu. Tapi saya selalu berdalih bahwa itu hanya ada di dunia maya (bagi saya). Karena di dunia nyata, saya adalah diri saya sendiri dan hal terkait (baca: shounen ai) adalah sesuatu yang tidak benar.

M-rated.
Sisi yang paling buruk, saya tahu.Bahkan itu lebih candu dari narkotika *sighs*
M-rated dan dunia fujoshi saling terkait bagi saya. Kesimpulannya? M-rated dalam anime, bukan dunia nyata. Mengerti maksud saya?

Slang.
Tidak bisa dipungkiri. Apa yang kau dapat setelah membaca berbagai macam fiksi berbahasa Inggris? Kata-kata makian tentu saja. Sisi baiknya, sekarang saya bisa membedakan bagaimana menggunakan frasa yang pantas. Sisi negatifnya, terkadang frasa sederhana seperti turn on terdengar berbeda. Sarat dengan ambiguitas.

Sedikit saja yang bisa saya kemukakan. Beberapa hal utama saja.

Tentang judul, mengapa mengandung unsur tanya (?) ?
Karena saya meragukan judul itu, bahwa saya belajar dari internet. Kenyataannya, saya lebih membeberkan dampak negatifnya.

Sudahlah. Karena seperti dua sisi mata uang; selalu ada kebaikan dan keburukan dalam suatu hal.
(Hal baiknya lagi, setidaknya saya belajar berpuitis ria, hahaha)

No comments:

Post a Comment