Wednesday, June 6, 2012

Liburan: Antara Pulang dan Magang

source
Tidak bisa dipungkiri lagi, liburan merupakan rangkaian hari bebas yang ditunggu-tunggu oleh siswa. Apalagi mahasiswa yang kuliah di institusi yang terkenal pelit hari libur (kata mahasiswanya -_-), seperti saya contohnya *receiving death glare from pak rektor*. Dan tahu apa yang menunggu saya setelah ujian akhir semester 4 minggu depan? FULL HOLIDAY SAMPAI LEBARAN! Huwooo... am I dreaming? *joget gurita*

Memang benar, bahkan saya sendiri sampai sekarang masih sulit mempercayai kabar bahwa kami akan libur penuh! Bayangkan, seperti kembali ke masa pemerintahan Presiden Gusdur (alm); puasa di rumah! Aaaaaa~ *lari-lari gaje*. Sungguh merupakan hal yang langka dan sulit dipercaya! But it's real, baby!

Tapi, dan kenapa selalu harus ada kata 'tapi' dalam setiap kabar gembira, kami para D'protector (1) dihadapkan pada sebuah permasalahan yang pelik. Saking peliknya sampai-sampai bayang-bayang liburan panjang yang tengah digaung-gaungkan di seluruh seantero kampus seperti menguap tanpa bekas. meninggalkan partikel-partikel debu di udara untuk tersapu oleh angin, terbang ke negeri tak bernama (oke, ini sudah terlalu lebay -___-). Well, saya seorang mahasiswa Animal Production and Technology yang semester depan akan mengambil mata kuliah Pemuliaan Ternak. Kabarnya, mulai bulan Juli hingga semester 5 berakhir, kami akan dibebani oleh puyuh. ya, puyuh. Pemeliharaan puyuh untuk praktikum pemuliaan, for the exact.

Poster buatan salah satu teman seperjuangan saya ini menggambarkan situasi pelik yang kami alami.

credit to irfan

See? Agak-agak sensitif kalau mendengar kata 'puyuh' dan 'pemeliharaan'. Sudahlah, kita lihat saja nanti bagaimana ketetapan akhirnya. Niat awal saya mengetik kan bukan untuk membahas masalah puyuh -___-

Isu lain adalah, magang. Volunteering.

Dua tahun kuliah di IPB, setahun di tingkat persiapan bersama dan setahun di departemen; saya belum mengambil kesempatan untuk terjun ke dunia luar kampus. Liburan semester ganjil kemarin beberapa teman saya memanfaatkan waktu untuk magang. Tapi waktu itu saya pikir karena libur cuma 3 minggu, terlalu sayang kalau harus saya habiskan 2 minggu di peternakan.

Lalu bagaimana dengan sekarang? Liburan kan cukup lama tuh, rasanya nggak etis kalau 2 bulan saya habiskan di rumah. Tidak ada kerjaan seperti pengangguran. Opsi untuk magang pun terlintas di pikiran saya. Mungkin memang benar kalau ini sudah waktunya bagi saya untuk terjun ke luar kampus; ke masyarakat untuk mengenal lebih dekat dunia peternakan.

Tapi -dan kenapa harus muncul lagi kata 'tapi'????- saya agak khawatir dengan sistem kerjanya nanti. Tahu sendiri kan kerja di peternakan itu berat (emang tau gimana? sok tau lo! *ditabok*). Kalau menilik dari bagaimana piket kandang rumbes yang sudah saya alami, saya yakin kerja yang akan saya lakukan saat magang lebih berat dari itu. Apalagi untuk jangka waktu yang lumayan (kira-kira 2 minggu) dan berkelanjutan (setiap hari). Yosh, saya harus siap!

Karena ada hal yang layak untuk ditunggu setelah perjuangan saya ini (agak lebay nggak sih?). Pulang tentu saja! Dan akhirnya sadar juga, judulnya kurang pas. Liburan: Antara Pulang dan Magang terkesan seperti saya harus memilih antara akan pulang atau akan magang. Toh faktanya saya bisa merasakan dua-duanya, magang lalu pulang!

Rencananya saya akan magang di Baturaden (kalau memang jadi magang); dan yang membuat saya bersemangat adalah bahwa bapak bilang akan menjemput saya untuk pulang saat tiba masanya. Karena jelas jarak Kendal ke Baturaden tidak sejauh Kendal-Bogor :D *biggrin*

(1) D'protector merupakan nama kelas saya; mungkin merupakan singkatan dari Department of Animal Production and Technology. -or nya saya kira menunjuk kepada si pelakunya.

Mood: amused J | Music: Taylor Swift ~  ¯

2 comments: